Profil » Sejarah Singkat

Dalam suatu pertemuan, Dr. Awaloedin Djamin selaku Menaker diperkenalkan Menlu Adam Malik kepada Executive Chairman Friedrich Ebert Stiftung (FES) Mr. Alber Nau. Pada kesempatan tersebut Menlu Adam Malik menganjurkan agar memanfaatkan hubungan dengan FES.

Sebagai tindak lanjut pada tahun 1967 Dr. Awaloedin Djamin mengadakan pertemuan dengan pimpinan FES di Bergneustadt Jerman membicarakan cara-cara kerjasama RI dengan RFJ (FES). Hasilnya antara lain kesepakatan pembangunan gedung PPSM, kerjasama dibidang pendidikan dan latihan, penyebaran ilmu pengetahuan dan kemajuan sosial serta menjunjung tinggi demokrasi dan hak-hak azasi manusia. Mengingat FES adalah swasta maka agar lebih fleksibel disarankan Indonesia membentuk yayasan, sehingga kerjasamanya merupakan private to private. Hasil pembicaraan dilaporkan kepada Presiden Soeharto dan beliau menyetujui.

Pada tanggal 24 Februari 1969 dihadapan Notaris Ny. Adasiah Harahap dengan akte No. 5 tahun 1969 didirikan Yayasan Tenaga Kerja Indonesia (YTKI) dengan ketua adalah Menaker Bapak Mursalin DM, Dr. Awaloedin Djamin sebagai ketua harian sedangkan Soeharto (alm) sebagai Sekretaris Jenderal.

Tahun 1973-1976 dibangun gedung bertingkat 15 sebagai gedung PPSM, dimana mulai dari arsite, konsultan perencana, pelaksana pembangunan, kontraktor dan bahan bangunan berasal dari Jerman. Gedung YTKI juga merupakan gedung bertingkat pertama di Indonesia yang menggunakan teknik pancang langsung dan merupakan salah satu gedung termegah di saat itu.